Selamat datang di Politeknik Madyathika

  • 0812-2649-8073
  • admin@polmathik.ac.id

Politeknik Madyathika Gelar PKKMB 2024 untuk Mahasiswa Baru

Politeknik Madyathika sukses menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 yang berlangsung dari 3 hingga 5 September 2024 di Auditorium Lantai 3. Acara PKKMB ini, bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menuju kehidupan kampus yang mandiri dan adaptif.

PKKMB 2024 dibuka dengan registrasi peserta dan sambutan dari Ketua Panitia, Bapak Rizal Rifai, S.T., serta pembukaan resmi oleh Direktur Politeknik Madyathika, Dr. Ir. Taufik Dwi Laksono, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., ACPE. Selanjutnya, peserta diperkenalkan dengan dosen dan tenaga kependidikan, serta mengikuti campus tour untuk familiarisasi dengan lingkungan kampus.

Secara umum ada beberapa materi kegiatan PKKMB yang disampaikan sesuai dengan pedoman PKKMB Tahun 2024 Kemdikbudristek. Pada hari pertama PKKMB, disajikan materi tentang "Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Kurikulum MBKM" oleh Bapak Rofik Priyanto, S.Pd., M.M., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, dilajutkan dengan pengenalan organisasi mahasiswa di antaranya Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa (HIMA) masing-masing program studi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  dan ditutup dengan Sosialisasi Pengisian KRS.

Di hari kedua, mahasiswa membentuk kelompok untuk membuat yel-yel dan video perkenalan diri. Untuk memenuhi pedoman PKKMB, sesi hari kedua ini di sampaikan 4 materi lainnya yaitu materi pertama, di sampaikan oleh Bapak Rifki Ahda Sumantri, S.Pd., M.Pd., yaitu tentang Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dengan tema “ Pengimplementasian Pendidikan Kewarganegaraan pada Perguruan Tinggi.” Disampaikannya materi ini dengan harapan agar mahasiswa baru Politeknik Madyathika senatiasa menerapkan jiwa pancasila dan dapat bermanfaat bagi masyarakyat yang luas di era digital dan dinamika perubahan sosial yang begitu cepat saat ini.

Materi kedua yaitu Pengembangan Karakter Mahasiswa dengan tema “Membangun Integritas dan Kesadaran Sosial di Kampus : Anti Plagiarisme” yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ani Tjitra Handayani, S.T.,M.T., IPM., ASEAN Eng. Materi ketiga, Pengembangan Karakter Mahasiswa dengan tema “Membangun Integritas dan Kesadaran Sosial di Kampus : Anti Perundungan, Anti Narkoba, Anti Korupsi, dan Anti Kekerasan Seksual” yang disampaikan oleh Bapak AKP Aris Setiyanto, S.I.K selaku Kasat Reskrim Polres Purbalingga dilanjutkan dengan materi keempat, oleh Bapak Taufik Dermasyah, S.T dengan materi Muatan Lokal Perguruan Tinggi bertema “Penerapan Muatan Lokal di Perguruan Tinggi :K3L dan Kewirausahaan Mahasiswa”. Penutup sesi ini adalah Forum Group Discussion (FGD) yang diikuti dengan antusiasme tinggi dari mahasiswa baru.

Hari ketiga yaitu hari terakhir PPKMB diisi dengan menyajian materi tentang "Pemanfaatan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0" oleh Bapak Fachrizal Nurhamzah, S.AP., M.A.P., selaku ketua LPPM Politeknik Madyathika. Penutup dari serangkaian kegiatan PKKM 2024 Politeknik Madyathika ini diisi dengan kegiatan kreatif mahasiswa seperti yel-yel dan penampilan band panitia dan diakhiri dengan pengumuman pemenang yel-yel terbaik dan foto bersama, serta penutupan simbolik oleh Direktur Politeknik Madyathika dengan pelepasan balon dan foto bersama seluruh civitas academica Politeknik Madyathika.

PKKMB 2024 berhasil memberikan bekal penting bagi mahasiswa baru untuk memulai perjalanan akademik mereka dengan percaya diri dan siap menghadapi tantangan di lingkungan kampus.

Politeknik Madyathika Gelar PKKMB 2024 untuk Mahasiswa Baru